ANALISIS APRESIASI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH

Priyo Utomo, Dwi and Drs, and Pd, M (1999) ANALISIS APRESIASI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh paling rendahnya rata-rata nilai ebtanas murni siswa SD di Kotamadia Malang, khususnya di Kecamatan Lowokwaru. Walaupun dari tahun ke tahun ada peningkatan rata-rata nilai ebtanas murni di hampir semua bidang studi, namun ternyata nilai matematika berada di urutan buncit dan masih rendah, yaitu berkisar di angka 5. Dari kenyataan seperti itu, wajar kalau bidang studi matematika masih dianggap paling sulit oleh siswa. Dari sekian faktor yang bertanggungjawab terhadap paling rendahnya rata-rata NEM matematika tadi, nampaknya effektifitas pembelajaran matematika paling determinan dari faktor yang lain. Dan tentu saja faktor guru sebagai sutradara proses pembelajaran ikut memberikan sumbangan penting. Tentu saja, guru SD sebagai guru kelas dituntut menguasai bidang studi-bidang studi utama sekaligus metodologi pengajarannya dan lebih penting lagi mengapresiasikannya. Bertolak dari latar belakang seperti tersebut di atas, peneliti ingin mengungkap tentang: 1). bagaimana tingkat apresiasi (baik kognitif maupun evaluatif-afektif) para guru terhadap pembelajaran matematika berbasis pendekatan pemecahan masalah, 2). Apakah tingkat apresiasi guru berbanding lurus dengan prestasi akademik sekolahnya, dan 3). Faktor apa sajakah yang mempengaruhi intensitas penerapan pembelajaran berpendekatan pemecahan masalah. Dalam penelitian ini, digunakan metode purposive sampling, dengan populasi seluruh guru kelas VI SD/MI di Kecamatan Lowokwaru dan sampelnya 6 orang guru kelas VI SD/MI, dengan rincian 2 orang guru di SD dengan rata-rata NEM tinggi, 2 orang guru di SD dengan rata-rata NEM sedang, dan 2 orang guru dengan rata-rata NEM rendah. Teknik utama pengambilan datanya dengan angket dengan wawancara dan tes sebagai teknik tambahannya. Data pada penelitian ini berbentuk kualitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan jalan memaparkan bagaimana tingkat apresiasi guru terhadap pembelajaran matematika berbasis pendekatan pemecahan masalah dengan menggunakan acuan justifikasi para ahli pendidikan matematika. Dari penelitian ini diperoleh simpulan-simpulan sebagai berikut : 1. Pada umumnya, para guru SD/MI memiliki tingkat apresiasi cukup baik terhadap pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah.2. Tidak ada hubungan antara tingkat apresiasi guru (terhadap pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah) dan tingkat prestasi akademik sekolahnya.3. Rendahnya tingkat penerapan pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah dipengaruhi oleh faktor skill guru kurang, bentuk soal EHB/UAC yang lebih berorientasi kepada soal-soal rutin serta terlalu saratnya materi yang harus disampaikan

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Education > Mathematics
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item