PERBEDAAN TINGKAT PRODUKTIVITAS INDUSTRIBESAR/MENENGAH DAN KECILDI KOTAMADIA MALANG

Drs, and Waluya Jati, Ahmad and Mm, (2000) PERBEDAAN TINGKAT PRODUKTIVITAS INDUSTRIBESAR/MENENGAH DAN KECILDI KOTAMADIA MALANG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tingkat pertumbuhan dan produktifitas tenaga kerja/investasi pada sektor industri besar/menengah dan industri kecil di Kodia Malang menunjukkan kondisi yang berbeda. Di banding Industri kecil secara keseluruhan Industri Besar/menengah dari tingkat pertumbuhan tenaga kerja, nilai produksi dan nilai investasinya lebih baik dibanding industri kecil .Jika dilihat dari tingkat produktifitas tenaga kerja dan investasi antara kedua idustri tersebut menujukkan kondisi yang berkebalikkan. Industri besar/menengah relatif l lebih baik untuk tingkat produktifitas penggunaan tenaga kerjanya. Sedangkan industri kecil lebih baik pada produktifitas penggunaan investasinya. Secara umum Skala output dari produksi jangka panjang diukur melalui penjumlahan nilai koefisien elastisitas output dari tenaga kerja dengan elastisitas output dari investasi dari sistem produksi industri besar/menengah dan kecil di kota Madia Malang berada dalam kondisi skala output yang menurun (decreasing returns to scale). Hal ini berarti setiap peningkatan input tenaga kerja dan investas hanya memberikan tambahan output yang tidak terlalu besar. Untuk Industri Besar/menengah, karena sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal jaitu melemahnya kondisi perekonomian secara nasional, untuk pengembangannya harus mampu menyeimbangan antara kebutuhan tenaga kerja dan kemampuan dalam menyerap investasi. Investasi dalam sektor ini harus terkait dengan penggunaan tenaga kerjanya. Sedang untuk industri kecil, strategi pengembangannya harus memperhatikan keseimbangan penggunaan tenaga kerja dan peningkatan produksi. Keberadaan sektor ini sangat dipengaruhi oleh h kemampuan sektor tersebut dalam meningkatkan kebutuhan investasi.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Economy > Accounting
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item