Madrasah dan Transformasi Pendidikan Islam (Suatu Kajian Visi Kependidikan Pengelola Madrasah di Kodya Malang)

Khozin, and Drs, and Si, M (2000) Madrasah dan Transformasi Pendidikan Islam (Suatu Kajian Visi Kependidikan Pengelola Madrasah di Kodya Malang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini mempersoalkan visi kependidikan pengelola madrasah. Untuk memudahkan prosedur pencarian data, maka visi kependidikan pengelola madrasah dirumuskan dalam fokus permasalahan; (1) pandangan pengelola madrasah tentang kondisi madrasah sekarang, (2) pandangan pengelola madrasah tentang madrasah yang dicita-citakan, dan (3) pandangan pengelola madrasah tentang strategi mewujudkan madrasah yang dicita-citakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik perolehan datanya dilakukan dengan: wawancara, pengamatan dan penggunaan bahan-bahan tertulis. Wawancara dilakukan secara tidak terstruktur, namun tetap terbimbing. Pengamatan dilakukan untuk melihat dari dekat tentang kondisi madrasah yang pengelolanya sengaja dipilih untuk di wawancarai. Sedangkan pemanfaatan sumber-sumber tertulis untuk memudahkan dalam pencarian data. Namun teknik yang terakhir ini ternyata tidak banyak didapatkan, karena tradisi menuangkan pikiran dalam bahasa tulis tampaknya belum banyak berkembang di lingkugan madrasah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menyajikan secara terurai setelah dilakukan pengklasifikasian dan memberikan beberapa penafsiran. Agar hasil penelitian ini bisa dipertanggung jawabkan, maka dari segi metodologi dan datanya dilakukan seminar. Selain itu, juga dilakukan diskusi dengan beberapa orang yang dianggap memiliki perhatian terhadap persoalan madrasah.Hasil penelitian dapat disimpulkan; (1) madrasah sekarang ini bisa dibedakan dalam dua kelompok, yaitu madrasah favorit dan tidak favorit. Sebuah madrasah menjadi favorit berkat kemampuan dan kerja keras pengelolanya dalam mengembangkan, (2) gambaran madrasah ideal atau yang dicita-citakan adalah yang mempunyai kelengkapan fasilitas pendidikan dan lulusannya mendapatkan tempat di masyarakat, dan (3) untuk mewujudkan madrasah yang ideal, bisa ditempuh dengan cara meningkatkan mutu pengetahuan umum dan agamanya. Pengetahuan umum dilakukan dengan penambahan jam pelajaran dan fasilitas penunjangnya. Sementara untuk agama dengan penciptaan lingkungan yang kondusif

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Islamic Studies > Tarbiyah
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item