PENERAPAN KONSEP ESP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB(Mencari pendekatan baru dalam pembelajaran bahasa Arab)

Haris, Abdul and Drs, and Ma, (2000) PENERAPAN KONSEP ESP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB(Mencari pendekatan baru dalam pembelajaran bahasa Arab).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program pembelajaran bahasa Arab sampai saat ini belum memberikan respon yang memadai terhadap kebutuhan belajar siswa yang bervariatif. Pengajaran bahasa Arab masih terfokus untuk tujuan keagaamaan saja. Hal ini berbeda jauh dengan bahasa Inggris yang telah lama mengembangkan konsep ESP untuk merespon kebutuhan belajar siswa yang bervariatif. Maka untuk mengembangkan program pembelajaran bahasa Arab yang berorientasi pada minat dan tujuan siswa secara spicifik diperlukan penelaahan terhadap konsep ESP dengan tujuan untuk melihat kemungkinan penerapannya dalam program pembelajaran bahasa Arab.Bertolak dari kenyataan di atas, penelitian ini mencoba menjawab persoalan-persoalan berikut:1. Apakah yang dimaksud dengan ESP?2. Adakah perbedaan yang prinsipil dalam proses pembelajarannya dengan program pembelajaran bahasa Arab secara umum?3. Bagaimanakah kemungkinan penerapan konsep ESP dalam program pembelajaran bahasa Arab untuk tujuan khusus? Dalam penelitian ini, data-data dikumpulkan dengan menggunakan tehnik dokumenter. Sedangkan analisa data dilakukan secara kualitatif dengan instrumen analisis deduktif komperatif.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah:1. a. Bahwa ESP merupakan satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris yang berbasis pada kebutuhan belajar siswa b. Dalam proses pembelajarannya, ESP berpijak pada prinsip-prinsip yang umumnya digunakan dalam pembelajaran bahasa asing dan menerapkan pendekatan Eklektif c. Yang paling esensial dalam konsep ESP adalah desain dan pemilihan materi, di mana materi didesain sesuai dengan kebutuhan belajar siswa 2. Dalam proses pembelajaran, tidak ada perbedaan yang prinsipil antara konsep ESP dangan konsep pembelajaran bahasa Arab secara umum. 3. Oleh karena itu sangat mungkin sekali menerapkan konsep ESP dalam program pembelajaran bahasa Arab dengan cara mengadopsi desain operasionalnya.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Islamic Studies > Tarbiyah
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item