Perbandingan algoritma simulasi paralel konservatif dan algoritma simulasi sekuensial pada sistem antrian

Effendi, Benedictus (2000) Perbandingan algoritma simulasi paralel konservatif dan algoritma simulasi sekuensial pada sistem antrian.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Simulasi kejadian diskrit(discrete-event simulation) umumnya dilakukan dengan pemrosesan event-event secara sekuensial. Dengan semakin meningkatnya kompleksitas sistem yang akan disimulasikan, maka kebutuhan memori dan waktu komputasi menjadi salah satu masalah utama dalam simulasi sekuensial. Permasalahan ini mendorong studi terhadap algoritma yang memungkinkan simulasi dijalankan secara paralel. Studi ini telah dimulai sejak 1979 dan terus berlanjut hingga tahun-tahun terakhir ini.Algoritma simulasi paralel memungkinkan program simulasi dijalankan secara terdistribusi pada lebih dari satu prosesor (komputer). Dengan cara ini diharapkan diharapkan dapat mengurangi waktu komputasi dan memori per komputer yang diperlukan untuk menjalankan program simulasi. Penelitian ini membahas algoritma dan teknik pemograman simulasi paralel, terutama dari aspek penerapan praktisnya, dimana sering ada kendala dalam ketersediaan perangkat lunak dan perangkat keras. Algoritma simulasi yang diimplementasikan adalah algoritma simulasi paralel dari Misra (1986). Dalam penelitian ini juga dilakukan pembandingan antara simulasi sekuensial dan simulasi paralel dari aspek kecepatan komputasinya. Sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem antrian yang memiliki dua jalur umpan-maju paralel dan satu jalur umpan-balik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahasa pemograman umum (Microsoft Visual Basic) dan protokol komunikasi TCP/IP, program algoritma simulasi paralel dari Misra dapat diterapkan. Namun program simulasi paralel yang dikembangkan dalam penelitian ini belum dapat memberikan waktu komputasi yang lebih kecil dari program simulasi sekuensial.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Management And Planning > Industrial Management > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item