PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING PADA LABORATORIUM KIMIA

Mubin, Ahmad and Drs, (1998) PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING PADA LABORATORIUM KIMIA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Laboratorium kimia merupakan sarana penting untuk pendidikan, penelitian, pelayanan (jasa) dan uji mutu atau quality control. Dengan empat fungsi tersebut, maka jelaslah peranan laboratorium kimia di Perguruan Tinggi maupun di suatu perusahaan manufaktur adalah sangat strategis.Peranan laboratorium sebagai sarana uji mutu tak dapat dipisahkan dari kegiatan produksi. Analisa kimia merupakan salah satu komponen dalam uji mutu baik untuk memantau kualitas bahan baku, bahan setengah jadi dan produk maupun hasil buangan atau limbah.Untuk dapat melaksanakan peranan diatas, maka ketersediaan bahan kimia atau reagen baik sebagai bahan praktikum, penelitian, analisis maupun uji mutu suatu produk menjadi salah satu masalah pokok disamping masalah lain yang seringkali dihadapi oleh laboratorium.Ketersediaan bahan baku atau bahan kimia berkaitan erat dengan kelancaran kegiatan laboratorium. Oleh karena itu, adanya sistem perencanaan persediaan bahan kimia yang baik dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi sangatlah diperlukan agar kontinuitas kegiatan laboratorium bisa terjamin. Disamping itu juga untuk menghindari terjadinya bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat penimbunan bahan kimia yang terlalu berlebihan atau kekurangan pada saat diperlukan.Berdasarkan uraian diatas, maka dipandang perlu dilakukannya penelitian tentang perencanaan persediaan bahan baku (kimia) dengan menggunakan metode material requirement planning pada laboratorium kimia, untuk menentukan bahan kimia apa saja yang harus dipesan dari supplier, kapan pemesanan harus dilakukan dan berapa banyak jumlahnya.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item