PENGARUH PROSES HARDENING DAN TEMPERING TERHADAP PERUBAHAN UKURAN DAN KEKERASAN BAJA ASSAB-760

Ir, and Mokhtar, Ali (1999) PENGARUH PROSES HARDENING DAN TEMPERING TERHADAP PERUBAHAN UKURAN DAN KEKERASAN BAJA ASSAB-760.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Setiap material yang digunakan dibidang keteknikkan memiliki karakteristik masing-masing. Seorang desain haruslah bisa memadukan faktor karakteristik material ini dengan faktor-faktor lainnya dalam melakukan pemilihan suatu material, sehingga didapatkan peralatan yang sesuai dengan kondisi kerjanya.Logam mempunyai peran aktif dalam menunjang kemajuan teknologi sehingga timbul usaha untuk memperbaiki dan menambah sifat- sifat , baik sifat fisik maupun sifat mekanis seperti pada pengolahan baja perkakas. Pada pengolahan baja perkakas (Tool Steel) perlu mendapat perhatian karena baja ini banyak digunakan dalam dunia-industri.Dari bermacam-macam baja perkakas pekerjaan dingin (Cold Work Tool Steel) yang mana baja ini mempunyai kombinasi tahan aus (Wear Resistance) dan keuletan (Toughness) yang sangat baik.Salah satu type baja perkakas untuk pekerjaan dingin ini adalah baja ASSAB 760 buatan Swedia yang mana pemakainya di Indonesia sudah banyak digunakan. Dari hasil penelitian diharapkan diperoleh sifat mekanis yang optimum dan sesuai dengan aplikasinya di dunia industri.Untuk memperoleh baja yang mempunyai sifat mekanik yang lebih baik dan sesuai dengan yang diinginkan, maka setelah dicor perlu dilakukan perlakuan panas. Perlakuan panas yang dilakukan biasanya proses pemanasan yang diikuti dengan pendinginan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item