PENGARUH BEBAN GANDAR TERHADAP UMUR RENCANA JALAN PADA JALAN TOL SURABAYA - GEMPOL SUB RUAS WARU - SIDOARJO (STA. 17 000 - STA. 28 000)

Ir, and Ansyori, Alik (2000) PENGARUH BEBAN GANDAR TERHADAP UMUR RENCANA JALAN PADA JALAN TOL SURABAYA - GEMPOL SUB RUAS WARU - SIDOARJO (STA. 17 000 - STA. 28 000).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kendaraan angkutan berat dengan muatan yang berlebihan diperkirakan mempunyai pengaruh dominan terhadap kerusakan pada jalan tol Surabaya - Gempol yang akhirnya berdampak umur rencana jalan tidak tercapai. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mendapat kepastian apa benar ada pengaruh beban gandar pada perkerasan jalan tol Surabaya - Gempol.Untuk mencari pengaruh beban gandar terhadap umur rencana jalan dilakukan berbagai perbandingan dari data- data yang ada dan dari hasil perhitungannya, antara lain : membandingkan LHR rencana dengan LHR aktual, pertumbuhan lalu lintas ( i ) rencana dengan i aktual, lintas ekivalen rencana dengan aktual dan lain-lain.Hasil yang diperoleh dari berbagai perbandingan tersebut menunjukkan bahwa LHR rencana lebih kecil dari LHR aktual, i rencana lebih kecil dari i aktual dan lintas ekivalen rencana juga lebih kecil dari lintas ekivalen aktual. Selain itu dari hasil perbandingan prosentase ESAL jenis kendaraan ringan dan berat yang lewat, kendaraan berat memberikan nilai ESAL yang lebih besar dibanding kendaraan ringan walaupun jumlah kendaraan berat lebih sedikit dari jumlah kendaraan ringan. Oleh sebab itu terbuktilah adanya pengaruh beban gandar terhadap umur rencana jalan yang besar pengaruhnya ditunjukkan oleh prosentase ESAL jenis kendaraan ringan dan berat.Dari hasil evaluasi dan hasil perhitungan didapat tebal lapis tambahan 9,14 cm pada ruas Waru - Sidoarjo dan 5,59 pada ruas Sidoarjo - Waru untuk umur rencana 5 tahun dan 10 tahun.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Engineering > Civil Engineering
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item