EVALUASI PERFORMA REPRODUKSI AYAM KAMPUNG :Hubungan Antara Waktu Pasca Inseminasi Dengan Fertilitas Telur

Ir, and Suyatno, and Si, M (1999) EVALUASI PERFORMA REPRODUKSI AYAM KAMPUNG :Hubungan Antara Waktu Pasca Inseminasi Dengan Fertilitas Telur.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Semen yang masuk ke dalam saluran telur ayam mempunyai batas tertentu dalam membuahi ovum. Menurut beberapa penelitian, tidak semua spermatozoa hidup itu mampu membuahi ovum. Hal ini tergantung pada kualitas semen yang ada. Pada penelitian sebelumnya telah dibuktikan bahwa kualitras semen sangat menentukasn fertilitas telur. Semen yang mempunyai kualitas jelek hanya mampu menyebabkan telur fertil sedikit, dan sebaliknya untuk semen kualitas bagus dan sangat bagus.Pada populasi ayam yang jumlahnya banyak, fertilitas telur dalam jangka waktu lama mempunyai pola tertentu. Apabila sekelompok ayam betina dikawinkan atau diinseminasi buatan, maka untuk kurun waktu tertentu mempunyai pola fertilitas yang tidak sama dari hari ke hari. Hal ini tergantung dari pejantan, khususnya kualitas semen yang dihasilkan pejantan. Pola fertilitas telur juga tergantung persistensi oviduk sebagai tempat produksi telur. Oviduk yang sudah lama menghasilkan telur akan menurunkan kualitas telur fertil, karena dinding oviduk semakin rendah kemampuannya dalam menyimpan spermatozoa.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Animal Husbandry > Livestock Product
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item