Pembangunan sistem informasi untuk mendukung perencanaan pola tanam sayuran: studi kasus di Kabupaten Bandung.

Deliar, Albertur (2000) Pembangunan sistem informasi untuk mendukung perencanaan pola tanam sayuran: studi kasus di Kabupaten Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fluktuasi harga komoditas sayuran terjadi akibat adanya perbedaan penawaran yang cenderung berubah-ubah secara tajam dalam waktu yang relatif singkat terhadap jumlah permintaan yang dibutuhkan. Hal ini disebabkan oleh pola penanaman petani yang cenderung mengikuti keinginannya masing-masing berdasarkan informasi yang diperolehnya. Oleh karena itu, maksud studi ini adalah melihat kemungkinan mengupayakan suatu sistem informasi yang dapat menjadi rujukan dalam pengaturan penanaman agar produksi yang dihasilkan dapat sesuai dengan permintaan yang dibutuhkan. Mengacu kepada permasalahan tersebut maka studi ini bertujuan untuk menyusun suatu model sistem informasi pola tanam dan kemungkinan penerapannya yang dapat memberikan informasi pengaturan pola tanam yang turut menjaga keseimbangan antara jumlah produksi dengan jumlah permintaan sehingga harga komoditas dapat menjadi stabil. Studi yang dilakukan untuk membentuk model ini bersifat eksploratif normatif dimana faktor-faktor permintaan dan penawaran komoditas sayuran yang digunakan masih dalam ruang lingkup yang terbatas, karena banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi pengaturan pola tanam tersebut. Berdasarkan perbandingan luas tanam hasil model dengan kondisi yang terjadi di wilayah kajian (Kabupaten Bandung), model informasi pola tanam yang dihasilkan memiliki peluang untuk memperkuat kestabilan harga. Kendati demikian, model ini baru merupakan model awal dan acuan (prototype) karena pada model ini terdapat sejumlah prasyarat yang harus dipenuhi agar dapat digunakan secara efektif. Model informasi pola tanam ini sebenarnya masih merupakan model normatif karena kehandalan dari model ini baru akan terbukti setelah diimplementasikan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Management And Planning > Regional And City Planning > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item