Metoda Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) untuk monitoring benzena, toluena, etil benzena, dan xilena (BTEX) dalam sedimen.

Wiji, (2000) Metoda Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) untuk monitoring benzena, toluena, etil benzena, dan xilena (BTEX) dalam sedimen.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Telah dilakukan analisis senyawa BTEX dalam sedimen laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metoda kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT) dalam analisis senyawa BTEX sebagai salah satu alternatif monitoring lingkungan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini mencakup tiga bagian utama, yaitu ekstraksi, pemisahan, dan analisis. Ekstraksi senyawa hidrokarbon dari sedimen dapat dilakukan dengan KOH 0,5 N dalam metanol. Kolom kromatografi alumina: gel silika (1:1) dengan fasa gerak dikloro metana dapat memisahkan senyawa aromatik. Kolom alumina dengan fasa gerak dikloro metana atau heksana dapat memisahkan senyawa hidrokarbon monoaromatik (BTEX) dari poliaromatik. Analisis senyawa BTEX cukup baik dilakukan dengan metoda KCKT, pada kolom C18 dengan panjang 25 cm, fasa gerak metanol-air 7:3, dan detektor UV pada 254 nm. Prosentase perolehan kembali untuk benzena, toluena, etil benzena dan xilena masing-masing adalah 85,05 ; 95,66 ; 84,01 ; dan 86,42%.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Natural Sciences > Chemistry > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item