Prototipe sistem manufaktur berbasis WEB pada bengkel, pemesinan dengan mesin vertical machining center tunggal.

Hadeli, (2000) Prototipe sistem manufaktur berbasis WEB pada bengkel, pemesinan dengan mesin vertical machining center tunggal.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Persaingan dalam dunia kompetisi global saat ini kian meningkat. Kecenderungan manufaktur di era tahun 1990-an ini telah banyak berubah dibandingkan dengan pada era sebelumnya. Berbagai kecenderungan mengarah pada suatu kondisi dimana produk akan memiliki siklus hidup yang pendek, perubahan desain yang sering terjadi, volume produksi yang kecil dan jumlah penyimpanan yang kecil.Untuk dapat bertahan hidup, perusahaan memerlukan strategi dan kemampuan untuk merespon konsumen secara cepat, terdapat dan effektif. Untuk dapat merespon konsumen secara cepat, terdapat dua aktivitas utama yang harus diselesaikan, yaitu merespon pesanan dan mengeksekusi pesanan. Merespon pesanan terdiri dari berbagai kegiatan antara lain: melakukan estimasi pesanan, merencanakan pengerjaan pesanan. Sedangkan mengeksekusi pesanan adalah proses memproduksi pesanan tersebut di lantai produksi. Untuk itu perlu dikembangkan suatu metoda dan implementasi pada suatu media teknologi yang dapat menjawab kebutuhan tersebut.Teknologi web merupakan salah satu teknologi yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan ini. Dengan menggunakan teknologi ini, memungkinkan kedua aktivitas itu terdistribusi pada lokasi yang berbeda namun tetap dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya, dan dengan menggunakan teknologi web, memungkinkan respon terhadap konsumen dilakukan setiap saat. Dengan teknologi ini memungkinkan terjadinya komunikasi secara real-time antara bagian lantai produksi dengan sistem respon pesanan, memungkinkan perencanaan dan estimasi yang dilakukan oleh aktivitas respon pesanan tersebut dapat mempertimbangkan kondisi aktual lantai produksi saat itu, sehingga perencanaan yang dihasilkan menjadi lebih teliti. Sistem manufaktur yang berbasis web ini ternyata memiliki karakter sistem yang tangkas, antara lain kecepatan dalam merespon dan mengekse, Vertical kusi pesanan komponen yang relatif berbeda.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Management And Planning > Industrial Management > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item