Pengembangan perangkat lunak untuk simulasi sistem kendali digital getaran aeroelastik dalam waktu-nyata.

Bahri, Abu (2000) Pengembangan perangkat lunak untuk simulasi sistem kendali digital getaran aeroelastik dalam waktu-nyata.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Getaran aeroelastik adalah getaran yang timbul akibat interaksi gaya aerodinamik dengan gaya inersia, kekakuan dan redaman struktur. Getaran ini sangat besar pengaruhnya terhadap kestabilan struktur dan kenyamanan penumpang.Kendali aktif untuk fenomena aeroelastik, terutama pada daerah kecepatan transonic, merupakan kunci teknologi perancangan pesawat terbang masa depan. Pada tesis ini telah dilakukan perancangan dan implementasi kendali aktif untuk peredaman getaran aeroelastik akibat beban gust (gust load) dari model sayap terowongan angin.Kendali aktif tersebut telah diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak yang disebut AVC. Perangkat lunak tersebut digunakan untuk simulasi dalam waktu-nyata dengan software in the loop, dimana perilaku dinamik dari model terowongan angin diimplementasikan dalam komputer. Pengembangan perangkat lunak AVC dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut. Tahap analisis kebutuhan menggunakan metode terstruktur dengan diagram aliran data, tahap perancangan menggunakan metode berorientasi objek. Tahap implementasi menggunakan bahasa pemrograman C dengan system operasi DOS.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Engineering > Informatics > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item