PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION UNTUK OPTIMALISASI PENJADWALAN KULIAH (STUDI KASUS PENJADWALAN KULIAH JURUSAN TEKNIK KOMPUTER UNIKOM)

Lorena Br Ginting, Selvia and Akbar, Hayi (2014) PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION UNTUK OPTIMALISASI PENJADWALAN KULIAH (STUDI KASUS PENJADWALAN KULIAH JURUSAN TEKNIK KOMPUTER UNIKOM). JAMIKA - Jurnal Manajemen Informatika UNIKOM, Vol.1 (5). ISSN 2088-4125

[img]
Preview
Text
6-selvia-lorena-g.pdf - Published Version

Download (964kB) | Preview
Official URL: http://jamika.mi.unikom.ac.id/jurnal/pembangunan-p...

Abstract

Salah satu kegiatan penjadwalan yang membutuhkan perhatian khusus dan ketelitian yang cukup tinggi adalah penjadwalan kuliah. Menciptakan suatu jadwal kuliah yang optimal cukup sulit dikarenakan banyak variabel yang saling terkait sehingga membutuhkan suatu penanganan yang signifikan. Penjadwalan kuliah merupakan pengaturan penempatan waktu dan ruangan berdasarkan jumlah kuliah dan akademik sejenis, dengan memperhatikan sejumlah aturan yang berhubungan dengan kapasitas dan lokasi dari ruangan yang tersedia, waktu bebas yang diperlukan dan sejumlah aturan lain yang berkaitan dengan toleransi untuk dosen dan hubungan antar mata kuliah khusus. Pengaturan penjadwalan kuliah dapat dilakukan secara manual maupun dengan otomatisasi (software) yang mana dalam menentukan jadwal-jadwal tersebut adalah sangat rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak jarang terjadi jadwal yang bentrok satu sama lain baik untuk mahasiswa, dosen ataupun ruangan kelas. Untuk memudahkan pengaturan penjadwalan kuliah yang efektif dan optimal melalui suatu proses otomatisasi, penulis akan membangun perangkat lunak dengan mengimplementasikan algoritma Ant Colony Optimization, agar mahasiswa , dosen dan ruangan tidak mengalami jadwal yang bentrok antara satu mata kuliah dengan mata kuliah yang lain. Algoritma Ant Colony Optimization adalah salah satu jenis algoritma meta-heuristic yang sudah terbukti dapat menyelesaikan banyak sekali permasalahan kombinatorial yang sulit. Algoritma ini meniru tingkah laku semut ketika meraka berada di dalam sebuah koloni untuk mencari sebuah sumber makanan. Algoritma semut lebih menitikberatkan pada perilaku kebiasaan atau yang sering dilakukan (dilewati) oleh semut. Dengan kemampuan dan keunikan semut, yang memiliki kemampuan secara alami (real ant) untuk menemukan alur atau lintasan terpendek dari sarangnya ke suatu sumber makanan tanpa pengertian visual (penglihatan). Perangkat lunak yang dibangun menggunakan algoritma Ant Colony Optimization ini mampu menghasilkan penjadwalan kuliah dengan kesediaan waktu tertentu dari dosen dan kesediaan ruangan serta mampu memberikan informasi jadwal kuliah yang bentrok baik dari dosen maupun ruangan kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penjadwalan kuliah, bentrok, algoritma, ant colony optimization
Subjects: Jurnal Tercetak > JAMIKA - Jurnal Manajemen Informatika UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika (D3)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:02
Last Modified: 02 Dec 2016 03:29
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30613

Actions (login required)

View Item View Item