Identifikasi faktor-faktor dalam sistem imbalan yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja tenaga penjual

Rochani, Renny (2000) Identifikasi faktor-faktor dalam sistem imbalan yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja tenaga penjual.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tenaga penjual merupakan figur yang mewakili perusahaan dalam berhubungan dengan konsumen. Tingkat produktivitas yang tinggi dari tenaga penjual sangat diperlukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Disisi lain, perusahaan juga harus dapat memberikan kepuasan kerja kepada tenaga penjual agar mereka dapat bekerja sesuai tuntutan perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar tenaga penjual memiliki produktivitas yang tinggi adalah dengan memberikan paket imbalan yang menarik, karena seperti diketahui bahwa imbalan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Desain imbalan yang kurang sesuai dapat memicu terjadinya hal negatif yang dapat merugikan perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor dalam sistem imbalan yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja tenaga penjual. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberi masukan pada manajemen dalam mendesain paket kompensasi sehingga manajemen dapat menetapkan prioritas terhadap desain kompensasi yang akan diberikan kepada tenaga penjual yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.Penelitian ini dilakukan dengan metode survey langsung kepada penjual khususnya yang melakukan "personal selling" dari 5 perusahaan distribusi. Survey dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tertutup, kepada responden dengan profesi tersebut. Identifikasi faktor-faktor dalam sistem imbalan yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja tenaga penjual, dilakukan berdasarkan lima kategori kelompok pembeda, yaitu berdasarkan tingkat pendidikan, usia, jenis kelamin, lama kerja dan tingkat pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja tenaga penjual terhadap imbalan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, usia, jenis kelamin, lama kerja dan tingkat pendapatan. Faktor dalam sistem imbalan yang memberikan kepuasan kerja, berbeda antara satu kategori dengan kategori lainnya.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Management And Planning > Industrial Management > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item