Representasi nilai-nilai budaya dalam iklan rokok pada televisi swasta Indonesia.

Karnita, Rosa (1999) Representasi nilai-nilai budaya dalam iklan rokok pada televisi swasta Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Membicarakan iklan televisi melalui perspektif kebudayaan merupakan hal yang tak akan habis untuk dibicarakan karena menyangkut permasalahan yang luas dan rumit. Iklan bertujuan untuk memberikan rangsangan kepada khalayak sasarannya agar tercipta kondisi jual beli, iklan televisi pun demikian halnya. Untuk menjangkau sasaran yang lebih luas, akan lebih efektif bagi pengiklan bila menggunakan media ini. Sementara bila ditinjau dari sudut pandang kebudayaan, iklan-iklan televisi dipandang lebih banyak mengandung sisi negatif daripada sisi positifnya. Dari sekian banyak jenis iklan produk konsumsi yang muncul di televisi, peneliti tertarik untuk meneliti iklan-iklan rokok yang kini semakin banyak muncul di televisi. Iklan rokok dalam merepresentasikan produknya memiliki cara yang berbeda dengan produk lain, karena banyak aturan yang mengikat untuk mengiklankan produknya tidak seperti yang diperlakukan untuk produk selain rokok. Alhasil, iklan-iklan rokok tampil dengan citra-citra yang mencerminkan produknya, khalayak sasarannya atau perusahaannya. Ide-ide kreatif yang muncul di baik tekanan-tekanan tersebut ternyata malah membuat iklan-iklan rokok lebih sukses dalam mempengaruhi orang untuk merokok. Pendekatan emosional yang digunakan oleh pengiklan sangat cocok untuk mempengaruhi orang untuk merokok, karena kebutuhan untuk merokok juga bersifat emosional. Nampaknya gejala ini belum disadari sepenuhnya oleh pemerintah kita, disamping permasalahan dilematis mengenai rokok yang sulit dikendalikan oleh mereka. Berdasarkan fenomena diatas, maka peneliti berusaha mengangkat iklan-iklan rokok pada media televisi untuk diteliti dengan menggunakan pendekatan semiotik untuk tujuan merepresentasikan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam iklan-iklan rokok pada media televisi, sehingga hasil penelitian ini dapat membuktikan dugaan-dugaan negatif terhadap iklan-iklan rokok yang muncul di televisi

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Fine Arts And Design > Design > 1999
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/2759

Actions (login required)

View Item View Item