Implikasi hasil balik skala ekonomi pada penyediaan air bersih di perkotaan: kasus penyediaan air bersih di beberapa permukiman kota Bandung.

Erwin, (1998) Implikasi hasil balik skala ekonomi pada penyediaan air bersih di perkotaan: kasus penyediaan air bersih di beberapa permukiman kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Studi perbandingan karakteristik ongkos produksi air bersih dilakukan antara penyediaan air skala kecil dan skala besar. Melalui pendekatan pengenalan ongkos usaha (ongkos total produksi) yang menggunakan metoda analisis pembiayaan, didapatkan nilai ongkos total produksi per satuan unit (Rp/m3) yang dikeluarkan oleh penyediaan air bersih skala besar lebih kecil daripada ongkos produksi per unit penyediaan air skala kecil. Hal ini berarti masyarakat yang mendapatkan pelayanan air bersih dari penyediaan air publik. Perbedaan nilai ongkos tersebut dapat diartikan sebagai suatu indikasi kemauan membayar masyarakat, walaupun bukan nilai maksimum, untuk mendapatkan pelayanan air bersih lebih baik dari penyediaan air publik. Selain itu, dari studi karaktersitik ongkos produksi didapatkan pula nilai ongkos total produksi per satuan unit cenderung berkurang dengan meningkatnya skala produksi air bersih (increasing return scale). Dengan demikian, di masa mendatang penyelenggaraan air bersih akan lebih baik dan ekonomik dalam skala besar. Penggunaan tariff yang didasarkan pada full cost recovery merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi kendala biaya penyelenggaraan air bersih skala besar dan pengendalian pemakaian air di masa mendatang. Akan tetapi, pengimplementasian kebijakan sistem tarif tersebut memerlukan kajian yang menyeluruh.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Management And Planning > Regional And City Planning > 1998
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item