Studi variasi dan pemodelan temperatur lingkungan akibat penggunaan lahan: studi kasus kecamatan Klojen Kotamadya Malang.

K, D and Sunaryo, (2000) Studi variasi dan pemodelan temperatur lingkungan akibat penggunaan lahan: studi kasus kecamatan Klojen Kotamadya Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan studi pemodelan variasi temperatur lingkunag akibat penggunaan lahan. Pemilhan lokasi studi dilakukan di wilayah kecamatan Klojen kotamadya Malang, karena beberapa tahun terakhir ini mengalami perubahan iklim serta peningkatan temperatur yang cukup besar, yang memerlukan pemecahan agar perubahan iklim dan peningkatan teperatur dapat diminimalkan.Melalui pemanfaatan perolehan data temperatur lingkungan dengan metode hitungan, mengevaluasi komposisi penggunaan lahan yang sesuai dengan temperatur yang diidamkan, dan meneliti luas daerah penghijauan di kecamatan tersebut, temperatur lingkungan diestimasi secara matematis. Untuk keperluan ini dipergunakan berbagai parameter antara lain prosentase luas penggunaan lahan, temperatur harian rata-rata penggunaan lahan dan temperatur idaman.Hasil estimasi temperatur lingkungan mempunyai keakuratan dengan nilai RMS rata-rata 0.122oC jika dibandingkan dengan pengukuran lapangan. Metode estimasi temperatur lingkungan melalui pendekatan hitungan luas kemudian dipergunakan sebagai dasar pemodelan temperatur lingkungan yang diidamkan melalui perubahan komposisi penggunaan lahan. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa badan air tidak mengalami perubahan, tanah kosong mengalami perubahan luas –3.76%, perkotaan –5.9%, penghijauan 20.3%, dan jalan –10.64%. Perubahan didominasi penghijauan, sehingga dapat merubah temperatur rata-rata harian dari 23.99oC menjadi 23.60oC. Pengaruh perubahan komposisi penggunaan lahan, menghasilkan penurunan temperatur lingkungan setiap jam rata-rata 0. 9oC.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode hitungan untuk perolehan data temperatur lingkungan dapat diimplementasikan. Hasil pemodelan di wilayah penelitian menunjukkan baik karena luas daerah penghijauan hasil pemodelan memenuhi standar USA (Internasional) dan Indonesia (nasional)

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Physical And Mathematical Sci. > Geodetic Engineering > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item