PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAPHASIL PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Prihanta, Wahyu and Drs, and Kes, M (1999) PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAPHASIL PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah pembelajaran dihadapi baik dari sekolah tingkat dasar sampai dengan tingkat perguruan tinggi, sehingga masih perlu dicari upaya-upaya cara pembelajaran di perguruan tinggi. Salah satu cara pembelajarandi Perguruan Tinggi adalah dengan menggunakann peta konsep. Peta konsep akan membuat rangkaian yang bermakna, sehingga ingatan lebih kuat untuk menyimpannya. Dan tidak mungkin seseorang dapat menghubungkan sesuatu (konsep) apabila orang tidak mengerti benar akan konsep tersebut.. Seseorang yang telah dapat mengkaitkan konsep-konsep menunjukkan orang tersebut telah faham benar dengan konsep yang dimengertinya, karena peta konsep menggambarkan bagaimana konsep-konsep saling terkait atau berhubung-hubungan.Peta konsep cocok digunakan di Perguruan Tinggi mengingat daya pikir mahasiswa dalam taraf yang tinggi, yaitu taraf operasional formal, sehingga mereka mampu untuk mencari sendiri konsep-konsep dari sumber yang dikehendaki. Namun demikian tidak mudah menerapkan peta konsep ini, untuk itu perlu diteliti keefektifan penggunaan peta konsep terhadap hasil pembelajaran di Perguruan Tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan peta konsep akan lebih baik dari pada tidak menggunakan peta konsep? Dan tujuannya adalah untuk mengetahui perbedaan penggunaan peta konsep dan tidak dalam pembelajaran terhadap hasil pembelajaran di Perguaruan Tinggi.Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan peta konsep akan lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan peta konsep dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif cara pembelajaran bagi dosen terhadap mahasiswa.Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendikan Universitas Muhammadiyah Malang, sedangkan sampelnya adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan tahun 1995, yang mengikuti mata kuliah Strategi Belajar dan Mengajar sejumlah 37 orang. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan tes tertulis dalam bentuk obyektif tes dengan pilihan ganda, dan essey tes. Penelitian dilaksanakan 6 bulan mulai bulan Sebtember 1998 sampai dengan Maret 1999. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji t dua sampel berhubungan. Hasil penelitian ini adalah t tabel = 2,70. Jadi t hit > t tabel, maka Ha diterima, yang berarti hasil pembelajaran dengan peta konsep lebih tinggi dari pada tidak menggunakan peta konsep.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Education > General Education
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item