ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK UNTUK ANAK(Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Favorit Kodya Malang

Inganah, Siti and Dra, (2000) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK UNTUK ANAK(Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Favorit Kodya Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada usia 4 tahun seorang anak telah membentuk 50% dari intelegensi yang akan dimilikinya, pada waktu dia dewasa seblum berusia 8 tahun anak telah membentuk 80% dari intelegensi yang akan dimilikinya pada waktu dewasa (Bichler, 1971). Selanjutnya Freud mengatakan bahwa kepribadian sebenarnya telah terbentuk pada akhir tahun kelima dan perkembangan selanjutnya sebagian besar hanya merupakan penghalusan struktur dasar.Memperhatikan pendapat Bichler dan Freud tersebut, dapat dikatakan bahwa penanaman dasar-dasar kepada anak usia 4 sampai 6 tahun (masa kanak-kanak) akan sangat menentukan perkembangan selanjutnya. Apabila penanaman dasar-dasar ini baik, maka akan membantu perkembangan dan pertumbuhan di masa yang akan datang. Sebaliknya apabila penanaman dasar-daar ini kurang baik atau bahkan sangat kurang maka akan mengganggu perkembangan serta pertumbuhan anak selanjutnya. Cara bagaimana menanamkan dasaar-dasar yang baik kepada anak, akan mempengaruhi tingkat pemahaman dan ketertarikan anak. Disamping itu penggunaan sarana atau alat yang menarik akan membuat anak menjadi senang dan tidak merasa terpaksa. Hal ini sesuai dengan pendapat Hurlock, bahwa pada awal masa kanak-kanak anak senang dibacakan dan melihat gambar-gambar dari buku, dongeng-dongeng, nyanyian anak-anak, cerita-cerita tertentu tentang hewan dan kejadian sehari-hari (Hurlock, 1998).Menurut Jean Piaget, bahwa perkembangan intelektual anak usia 5-6 tahun termasuk fase pra-operasional, yaitu suatu masa prasekolah. Pada masa ini anak belum bisa membedakan dengan tegas antara perasaan dan motif pribadinya dengan realita dunia luar, sehingga pada taraf ini kemungkinan utnuk menyampaikan konsep-konsep tertentu kepada anak masih terbatas (Nasution 1998). Oleh karena itu bagaimana cara memberikan konsep dasar kepada anak yang menarik dan membuat anak merasa senang (tidak trpaksa), memegang peranan yang sangat penting.Penanaman dasar-dasar kepada anak pada usia 4 tahun sampai 6 tahun ini akan sangat efektif, apabila anak seusia ini dimasukkan pada pendidikan prasekolah yaitu Taman Kanak-Kanak. Taman Kanak-Kanak (TK) didirikan sebagai usaha mengembangkan seluruh segi kepribadian anak dalam rangka menjembatani pendidikan dalam keluarga ke pendidikan sekolah. TK merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang ada dijalur pendidikan sekolah. Pendidikan prasekolah adalah pendidikan utnuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik diagram luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar. (peraturan pemerintah no. 27 th 1990 ).

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Education > General Education
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item