PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PEMBELAJARAN DI FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Wahyu Eriyanti, Ribut and Dra, and Si, M (2000) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PEMBELAJARAN DI FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian mengenai persepsi mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Malang tentang pembelajaran di FKIP Universitas Muhammadiyah malang ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran mahasiwa dalam proses pembelajaran. Berlandaskan pemikiran itulah penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memperoleh informasi secara langsung dari mahasiswa mengenai persepsi mereka tentang proses pembelajaran di FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, baik ditinjau dari segi penyusunan perencanaan oleh dosen, penjabaran materi pembelajaran, teknik dan metode pembelajaran yang diterapkan, penggunaan waktu, penggunaan media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Malang yang tersebar ke dalam 4 jurusan berjumlah 1223. Mengingat jumlahnya yang besar, maka diambil sampel 11% dari populasi (140 orang) dengan menggunakan teknik proporsional sampling. Dari sejumlah sampel tersebut, untuk memperoleh data penelitian ini digunakan angket. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif (prosentase) kemudian dijelaskan secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa persepsi mahasiswa tentang pembelajaran di FKIP Universitas Muhammadiyah Malang sebagai berikut. (1) Mengenai penyususnan perencanaan pembelajaran, sebagian besar dosen memberikan silabus perkuliahan, hanya saja sebagian besar tidak konsisten dalam pelaksanaannya, meskipun mahasiswa sebenarnya menganggap penting silabus tersebut. (2) Materi pembelajaran yang disajikan dosen, menurut mahasiswa cukup relevan dengan perencanaan dan dari segi kedalaman serta keluasannya termasuk cukup, meskipun sebagian besar ada yang kurang. Penjabaran materi tersebut juga cukup mudah dipahami meskipun sebagian besar juga menyatakan agak sulit dipahami. Dari segi aktualitasnya cukup aktual, meskipun ada sebagian besar yang menyatakan kurang aktual. (3) Teknik dan metode yang diberikan menurut mahasiswa cukup mudah dipahami karena suara dosen cukup keras menyampaikannya. Dari segi gaya mengajarnya juga cukup menarik meskipun sebagian besar menyatakan kurang menarik dan membosankan. Sebenarnya menurut mahasiswa metode yang digunakan cukup bervariasi, yaitu ceramah, diskusi, dan pemberian tugas. (4) Dari segi waktu, pada umumnya menayatakan kadang-kadang tidak tepat waktu, baik pada saat memulai maupun mengakhiri jam perkulaiahan. Dari segi jadwal kuliah yang pada umumnya siang hari, mereka menytakan kurang efektif. (5) Berkaitan dengan media pembelajaran, menurut mahasiswa kadang-kadang saja digunakan media pembelajaran, meskipun sebenarnya mahasiswa menyatakan peran media tersebut sangat penting. Hal itu dipahami oleh mahasiswa karena menurut mereka persediaan media pembelajaran tersebut kurang memadai. (6) Dari segi evaluasi, pada dasarnya cukup relevan dengan perencanaan dan cukup objektif.meskipun sebagian besar lainnya menyatakan kurang objektif.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Education > General Education
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://kepo.unikom.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item